Tips Berpakaian Ketika Diinterview Kerja, Simple Tapi Sering Diabaikan

Pakaian adalah salah satu kebutuhan manusia yang cukup krusial lho, karena dengan pakaian kita bisa melihat pribadi orang secara singkat.

Nah, biasanya pada saat kamu akan dipanggil interview, beberapa dari kalian mungkin akan bingung dengan pakaian apa yang harus dipakai.

Umumnya orang akan menggunakan kemeja putih dan juga celana bahan ditambah dengan pantofel, namun hal tersebut sudah terlihat biasa.

Selain itu, banyak orang juga lupa akan penampilan mereka dan lebih menfokuskan pikiran mereka ke materi wawancara yang akan diberikan.

Gaya pakaian sendiri bukan hanya untuk membuat kamu percaya diri, namun kamu juga harus menyesuaikan suasana dan juga kondisi.

Apa yang nyaman di kamu belum tentu di orang lain akan nyaman, apalagi pada saat interview, karena semua aspek akan di nilai termasuk penampilan.

Tetapi bukan berarti kamu harus berlebihan, kamu harus menyesuaikan kondisi tubuh dan juga tipe perusahaan yang akan kamu lamar.

Beberapa dari kalian mungkin bertanya mengapa gaya berpakaian sangat penting, kami akan memberikan alasannya dibawah ini.

  • Penilaian orang pertama kali seringkali memandang pada penampilan, jangan sampai kamu dinilai buruk oleh calon bos hanya karena penampilan gaya berpakaian yang tak sesuai keadaan.
  • Gaya berpakaian mencerminkan kondisi psikologi seseorang. Bayangkan jika calon bos kamu mengetahui banyak hal tentang hubungan psikologi dengan gaya berpakaian. Tak ada salahnya kamu belajar dulu tentang ini untuk memastikan gaya yang terbaik.
  • Gaya dan cara berpakaian akan mempengaruhi rasa percaya diri saat berbicara, berjalan dan sebagainya di tempat wawancara. Pakaian terbaik tentu akan membantu rasa percya diri kamu tampak lebih baik.

Lalu bagaimana sebaiknya memilih gaya berpakaian yang baik saat akan menjalani interview kerja? Berikut ini beberapa hal yang penting untuk diperhatikan:

1. Ukuran yang pas

Ukuran yang pas

Ukuran yang sesuai dengan postur tubuh kamu menjadi hal yang penting diperhatikan. Jangan terlalu sempit dan jangan pula terlihat kebesaran. Tampilan ukuran yang pas juga akan membantu kamu tampil lebih pede saat berjalan, duduk, berbicara dan sebagainya.

2. Pilih warna-warna berkarakter

Pilih warna-warna berkarakter

Warna-warna pastel menjadi pilihan banyak orang saat tampil untuk interview di tempat kerja. Tidak terlalu norak dan tidak terlalu gelap.

Warna ini juga mencerminkan kepribadian seseorang. Hati-hati memilih warna dan pastikan yang paling sesuai dengan karakter kamu tanpa menimbulkan image negative pada pikiran orang lain. Gaya berpakaian dari faktor ini akan diperhatikan orang yang mewawancarai kamu.

Jadi kemeja untuk interview tidak harus melulu warna putih ya, jika kamu tidak memiliki kemeja putih kamu bisa menyesuaikan dengan yang kamu punya asalkan masih formal.

3. Formal

Formal

Gunakan jenis pakaian formal untuk penampilan wawancara. Misalnya kemeja untuk laki-laki, dan pakaian potongan atasan dan rok bagi wanita. Ada juga jenis gamis kantoran formal yang bisa dipakai. Atau memakai blazer dan jas, sesuai dengan jenis perusahaan yang kamu tuju. Hindari menggunakan celana jeans bagi pria, pilih jenis celana bahan katun terbaik yang nyaman dipakai dan tidak cepat mengeluarkan keringat.

4. Bahan yang nyaman

Bahan yang nyaman

Gunakan bahan pakaian yang nyaman dan tidak norak. Bahan yang menyerap keringat, tidak cepat lusuh dan tidak terkesan lusuh. Pilih tekstur yang lembut dan tidak memberikan kesan berlebihan. Bagi wanita yang menggunakan hijab misalnya, hindari menggunakan hijab berbahan satin yang licin, atau bahan-bahan ceruti yang licin dan cepat berubah bentuk.

Nah, yang itulah beberapa tips berpakaian pada saat interview yang bisa kamu ikuti, sebenarnya ada 1 point lagi yaitu tentang hijab.

Banyak sekali orang yang takut karena tidak terima hanya soal hijab, namun  pada faktanya pada sat ini sudah banyak orang yang berpikir professional, karena hijab merupakan konsekuensi pemahaman dari agama.

Selain itu, aspek lainnya adalah usahakan untuk tampil bersih dan juga wangi, untuk kamu yang berkumis atau brewok usahakan cukur dulu ya agar penampilan kamu terlihat lebih rapi lagi.

Sekian artikel ini semoga bisa berguna dan juga bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari tips seputar pekerjaan.

Terima kasih.